Langsung ke konten utama

Sinematografi

SINEMATOGRAFI
Di Sampaikan Oleh
Hermanto, M.T.I

Pada awalnya semua Film wujudnya adalah Film bisu, terdiri dari potongan-potongan gambar bergerak yang sunyi tanpa suara sampai diterapkannya penggunaan soundtrack pada pembuatan Film. Soundtrack menyimpan semua data suara yang ada didalam film termasuk suara, musik, dan sound effect.
Dalam Sebuah film dan iklan, Seorang komposer musik akan membuat salah satu dari 2 macam musik yaitu SOUNDTRACK atau SCORING.

  1.  SOUNDTRACK

Adalah musik yang diputar dari awal sampai akhir iklan. Jenis musik seperti inilah yang benar-benar disebut jingle, karena ada melodi dan nyanyiannya.

2.  SCORING
Adalah musik yang mengikuti pergerakan gambar. Apa yang terjadi di layar, musiknya harus mengikuti, terlepas dari bar, ketukan, melodi, dan sebagainya.
Selain soundtrack dan scoring,pada sebuah Film atau Iklan Elemen ke-3 yang paling penting adalah efek suara atau sound effect.
Sound effect ini pun ada 2 jenisnya:

  1. SOUND EFFECT BERBENTUK FOLEY

Yaitu suara-suara yang “normal” seperti suara ketukan di pintu, mobil menyala, hujan, anak kecil tertawa, dan sebagainya.

2.  SOUND EFFECT BERBENTUK SPECIAL EFFECT
Yaitu suara-suara “abnormal” seperti ledakan gunung berapi, gempa bumi.

FUNGSI BACKSOUND DALAM PEMBUATAN FILM
Secara umum, terdapat dua kategori suara dalam film yaitu suara diegetic dan non-diegeticSuara diegetic merujuk pada seluruh elemen audio yang bersumber dari apa yang terlihat di layar seperti dialog, suara langkah kaki, suara pintu yang ditutup, dan lain sebagainya.

Suara non-diegetic merujuk pada seluruh elemen yang berasal dari luar dunia fiksi yang terlihat di layar seperti musik dan sound effects.

Suara yang digunakan dalam film umumnya ditujukan untuk meningkatkan mood serta menyuguhkan kepada penonton berbagai macam informasi mengenai lokasi pengambilan gambar, jalan cerita, serta karakter kisah yang diceritakan Backsound atau suara dalam film memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai berikut.
·         Menggugah sisi psikologis
Misalnya, musik yang digunakan dalam pembuatan film dapat memengaruhi dan merangsang emosi manusia yang paling mendasar seperti rasa takut dan lain sebagainya. Biasanya, backsound seperti musik yang dapat membangkitkan rasa takut digunakan dalam film-film yang bergenre horror dan thriller.
·         Menciptakan kontradiksi
Contohnya, adegan tiba-tiba mati lampu serta diiringi dengan musik tertentu dapat memberikan kesan bahwa sesuatu akan terjadi.
·         Menghubungkan antar adegan
Misalnya, perubahan adegan atau perpindahan dari adegan yang satu ke adegan berikutnya yang dilakukan secara lebih halus dengan menggunakan musik. berdasarkan alur cerita suatu adegan dapat melompat dari satu waktu ke waktu yang lain atau satu tempat ke tempat yang lain namun karena adegan-adegan tersebut direkatkan dengan musik, alur cerita film keseluruhan dapat dipahami oleh penonton.
·         Memotret emosi
Backsound seperti musik atau suara narator dapat membantu penonton memahami setiap karakter yang digambarkan dalam film. Misalnya, seraut wajah dengan ekspresi netral dapat diartikan memiliki berbagai macam perasaan yang berbeda hanya dengan jenis musik yang digunakan.


SEMIOTIKA FILM

Film adalah karya cipta seni dan budaya yang merupakan salah-satu media komunikasi massa audio visual yang dibuat berdasarkan asas sinematografi yang direkam pada pita seluloid, pita video, piringan video, dan bahan hasil penemuan teknologi lainnya dalam segala bentuk, jenis dan ukuran melalui proses kimiawi, proses elektronik, atau proses lainnya, dengan atau tanpa suara, yang dapat dipertunjukkan mekanik, elektronik, dan sistem yang lainnya.
Semiotika Istilah semeiotics (dilafalkan demikian) diperkenalkan oleh Hippocrates (460-337 SM).

Teori Semiotika Roland Barthez Teori Roland Barthes (1915-1980)
Sistem semiotika yang lebih penting dalam film yakni digunakannya tanda-tanda ikonis yaitu untuk menggambarkan sesuatu yang dimaksud dalam penyampaian pesan kepada khalayak.
Tanda-tanda ikonis yang digunakan dalam film mengisyaratkan pesan kepada penonton dan setiap isyarat yang diterima akan berbeda namun apabila cerita yang diperankan memang sudah membentuk satu pokok makna dalam hal ini makna cerita yang ditampilkan.



Rule Of Third





Pengaturan Arah Gambar (Rooming)



Gambar yang terlihat lebih baik jika dapat memberikan ruang yang lebih besar di depan hidung gambar yang dihasilkan Dengan pengaturan ruang hidung yang lebih besar dibandingkan ruang belakang, maka gambar akan tampak lebih hidup, oleh karena itu, beberapa ahli membuat teori antara lain.
·         Nose Room harus lebih besar daripada Back room
·         Nose Room adalah gambar kosong yang terletak didepan muka atau hidung objek
·      Back Room adalah gambar kosong dibelakang kepala (terkadang back room tidak tersisa atau tidak ada)

·         Head Room harus lebih besar daripada foot room. 
·         Head Room adalah gambar kosong diatas kepala.
·         Foot Room adalah gambar kosong di bawah kaki




·         Destination Room adalah gambar kosong didepan gambar yang sedang bergerak, ruang kosong sebagai Nose Room untuk benda yang begerak



Nose Room sebenarnya tidak hanya terbatas untuk membuat gambar untuk makhluk hidup, namun juga berlaku untuk benda yang mempunyai bagian depan dan bagian belakang seperti rumah atau bangunan yang lain.



Animasi Dalam Berbagai Media

c.Animasi dalam Interaksi

ΓΌ  Pemanfaat animasi dalam situs /Website
ΓΌ  Animasi dalam permainan digital
ΓΌ  Animasi dalam Aplikasi

d. Animasi sebagai Iklan Visual (Advertisment)



PENERAPAN FILM ANIMASI

Deddy Award W.Laksana, M.Pd

1)      Ide dan Konsep
2)      Story Line/Struktur Cerita
3)      Sketsa/Desain
4)      Model Sheet

1.      Ide Dan Konsep
Merupakan salah satu dasar untuk membangun cerita- cerita, kadang kala ide menjadi nilai jual yang tinggi jika mempunyai keunikan, mempunyai daya tarik yang diluar dugaan dari pemirsa/penikmat.
2.      Struktur Cerita
Peran story line dalam pembangunan cerita memang cukup penting sebagai penarik penonton agar dapat menikmati cerita yang dibuat, tentunya ketika penonton mulai tercengang, sedih, tertawa maka cerita yang dibuat telah berhasil menjadi cerita yang popular atau diingat atau juga ingin menonton berkali-kali.
3.      Story Line/Struktur Cerita
Mengaitkan hubungan antar unsur dan makna keseluruhan yang ingin dicapai. Dalam struktur narasi mempunyai beberapa poin yang menjadi pembentukannya, yaitu:
·         Tokoh dan Penokohan
·         Alur
·         Sudut Pandang
·         Latar

1.      Tokoh dan Penokohan
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sebagai kata benda yang didefinisikan orang yang menjalankan peran tertentu di suatu peristiwa.
Dalam novel atau sastra tokoh adalah sebagai pelaku yang mengemban peristiwa dalam cerita rekaan sehingga peristiwa itu menjalin suatu cerita. Tokoh pada umunya berwujud manusia, tetapi dapat juga berwujud binatangatau benda yang diinsankan.
2.      Alur
Alur adalah rangkaian cerita yang dibentuk oleh tahapan-tahapan peristiwa sehingga menjalin sebuah cerita yang dihadirkan oleh pelaku dalam suatu cerita.
3.      Sudut Pandang
Dapat diartikan sebagai cara pengarangmenampilkan para pelaku dalam cerita yang dipaparkan.

NARATOR OMNISCIENT
Pengisah yang juga berfungsi sebagai pelaku cerita.
NARATOR OBSERVER
Pengisah hanya berfungsi sebagai pengamat terhadap pemunculan para pelaku dan hanya tahu dalam batas tertentu tentang perilaku batiniah para pelaku.
NARATOR OBSERVER OMNISCIENTS
Yaitu pengisah sebagai pelaku ketiga yang tidak terlibat langsung dalam keseluruhan cerita, ia juga sebagai penutur yang mengetahui ciri fisikal, psikologis dan kadar nasib yang nantinya dialami pelak.

4.      Latar
Secara umum latar diartikan sebagai tempat-tempat yang ditampilkan dalam cerita. Setting sebagai latar cerita dan memberi batasan setting sebagai latar peristiwa dalam karya fiksi, baik berupa tempat, waktu maupun peristiwanya itu sendiri serta memiliki fungsi fisikal dan fungsi psikologis.
Story line dalam tampilan film animasi diwujudkan dengan segmen-segmen tertentu dan dengan memakai penjelasan- penjelasannya shingga seorang illustrator (penggambar cerita) dapat memahami seperti apa alur yang akan diwujudkan/digambarkan.”

Model Sheet
Merupakan informasi tentang modeling meliputi pergerakan posisi atau tampilan karakter dalam setiap angle sepertibagaimana penggambaran karakter tampak dari depan, samping belakang maupun atas disamping itu model sheet juga menampilkan gesture karakter seperti ketika tertawa, marah, kaget, merenung,menangis dan sebagimana.

Sketsa/Desain
Sketsa biasanya memberikan gambaran-gambaranseperti tokoh, latar dan pengambilan gambar (camera view) sebagai landasan awal atau utama dalam perfileman khususnya animasi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinematografi Iklan Layanan Masyarakat

Dampak dari penyebaran virus corona ini memang tak main-main. Adanya sejumlah aturan larangan keluar rumah di beberapa wilayah membuat banyak orang tidak bisa bekerja dan tidak bisa mendapatkan penghasilan. Bahkan ada ribuan karyawan perusahaan terpaksa dirumahkan. Nah, buat kamu yang terketuk hatinya untuk saling meringankan beban mereka yang terdampak wabah Covid-19 atau ingin membantu mencegah penyebaran virus mematikan tersebut meski bukan berupa materi, kamu bisa melakukan beberapa langkah mencegah virus Covid-19 : Teetab dirumah dan jaga kebersihan